5 Motor Antik Spesial Termahal Sedunia

Ekspedisi Pengiriman Motor - Motor, motor, motor, dan motor. Siapa yang ga suka sama motor? Para maniak motor atau disebut juga bikers pasti sangat suka sekali dengan yang namanya motor. Entah itu suku cadangnya, bodi motornya, maupun kemampuan melajunya. Kali ini ada beberapa motor jadul keren yang cukup terkenal dan dianggap istimewa pada masanya. Beberapa motor ini juga digunakan pada PD II oleh beberapa angkatan militer saat itu. Apa kalian tahu motor antik spesial apa saja yang paling mahal di dunia? CEKIDOT!!


1. Winchester 1910



Pada tahun 2015 kemarin, dua buah sepeda motor Winchester 1910 dalam proses lelang laris manis dengan harga yang bukan main, yakni 1,35 juta Euro atau sekitar 16,9 milyar rupiah, harga yang cukup mahal untuk bisa membeli sebuah mobil balap Lamborghini seri Aventador, malah masih banyak sisanya. Ingin tahu kenapa motor tua ini menjadi laku terjual? Apa saja teknologinya?

Winchester 1910 mengusung mesin Marsh - Metz yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 6 tenaga kuda dengan alat penggerak roda depan dan belakang yang menggunakan belt drive. Serta ada tenaga manual bila kehabisan bensin yaitu dengan mengayuh pedal pake KAKI. Keren bukan? Selain jadi motor, ternyata juga bisa jadi sepeda. 

2. Harley Davidson Strap Tank 1907



Walaupun penampilannya keliatan kurus dan cungkringHarley Davidson Strap Tank adalah mbah buyut dari moge keren Harley yang kita kenal sekarang ini. Diproduksi secara massal pada tahun 1907, meskipun rancangannya sendiri sudah diuji coba pada tahun 1890 oleh William S. Harley dan Arthur Davidson

Banyak yang bilang hampir seperti sepeda kumbang yang biasa disewakan di Taman FatahillahKota Tua Jakarta. Namun soal harga, tidak bisa dianggap remeh. Motor jaman nenek moyang kita ini dijual dengan harga 895 ribu Euro atau sekitar 12 milyar bila dirupiahkan.


3. Harley Davidson WLA



Salah satu motor antik termahal lainnya yang juga dianggap spesial saat itu adalah Harley Davidson WLA. Leluhur moge Harley Davidson ini merupakan motor legendaris yang biasa dipakai untuk keperluan para tentara pada PD II. Motor ini diproduksi sekitar 100 ribu unit. Motor ini banyak digunakan oleh tentara Rusia dan Amerika saat PD II. Sekarang, motor ini masih banyak beredar di luar negeri, karena terus mendapat pasokan suku cadang dari Harley-Davidson.

Namun untuk di Indonesia sendiri, jarang sekali yang punya atau masih memiliki motor ini. Hargannya sulit dipastikan. Tergantung dari kondisi, renovasi, dan aksesoris yang melekat pada motor ini. Perkiraan harga motor itu saat ini adalah 450 juta rupiah. Namun kalau semakin banyak komponen asli yang masih bertahan, maka akan semakin melunjak harganya. 


4. Norton 




Motor buatan Inggris ini awalnya diproduksi untuk keperluan militer, yaitu memenuhi kebutuhan para tentara pada saat PD II, soal performa motor pun tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab sudah dapat dipastikan Norton adalah motor tangguh yang biasa digunakan untuk melintasi medan jalan berat dan penuh rintangan. Motor ini dibuat puluhan ribu unit. Tercatat, motor ini digunakan militer Inggris di era 1930-an. Selain itu, militer Inggris juga menggunakan beberapa model lain seperti Royal Enfield, James ML, dan BSA M20.

Walaupun awalnya Norton terkenal sebagai motor para tentara, lama-kelamaan beralih fungsi menjadi motor balap dan memberikan hasil memuaskan dengan spesifikasi mesin 500 cc, Norton terbukti dapat memberikan performa yang sangat luar biasa. Untuk di Tanah Air model Norton ES2 500 cc sudah masuk ke Indonesia sekitar tahun 1952 untuk kebutuhan pemerintah. Oleh karena itu dapat dipastikan harga motor satu ini cukup mahal dan sangat langka. 

Sekalipun kita bisa mendapatkannya, kita juga butuh extra budget untuk melakukan perawatan rutin. Berminat untuk membeli motor tua tersebut?  Harganya saat ini sekitar 85 juta rupiah.


5. Honda CB




Honda CB, memiliki model klasik yang terlihat retro, desain dari setiap bodinya memiliki keunikan tersendiri, seperti lampu yang dirancang berbentuk bulat, spatbor belakang yang terbuat dari plat kaleng dan lainnya membuat Honda CB menjadi motor yang bukan hanya antik, namun juga unik.

Pada tahun 1971, PT. Federal Motor pertama kali merilis motor dengan nama Honda CB di Indonesia, bahkan hingga mengeluarkan empat varian yang dibedakan dari mesin yaitu CB 100cc, 125 cc, 175 cc, dan 200 cc.

Pemasaran Honda CB bisa dikatakan laris manis, karena pada tahun 1981-an motor ini sudah laku terjual hingga 600 ribu unit. Keuntungan ini dikarenakan oleh dua faktor, yang pertama karena harganya yang murah sehingga dapat dibeli oleh siapa saja. Dan yang kedua, karena perawatan motor yang tidak sulit bila dibandingkan dengan motor Norton.

Untuk mendapatkan motor ini pun tidak terlalu sulit, karena banyak digunakan oleh orang jadul, kita dapat mendapatkan Honda CB hanya dengan harga sekitar 3 jutaan, namun bila kalian ingin Honda CB masih dalam kondisi prima alias original kalian perlu merogoh kocek lebih dalam sekitar tujuh sampai sembilan juta rupiah.

Oke itulah beberapa motor antik spesial yang paling mahal di dunia. Motor - motor ini bukan hanya antik, namun juga unik. Ada yang berminat membeli atau mengoleksi salah satu motor di atas? Cinta motor dan balapan itu boleh - boleh saja, bahkan sudah menjadi olahraga internasional. Namun jangan sampai kita terpengaruh hawa nafsu semata hanya untuk mengoleksi suku cadang dengan cara kekerasan. Nyatanya banyak begal saat ini yang berasal dari kalangan geng motor maupun para preman. Inilah yang mesti kita cegah dan hindari. 

Demikian, semoga bermanfaat.   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Kategori Hardware Pada Komputer

Pengertian dan Jenis - jenis Mesin Autoclave

5 Sistem Operasi Andalan Hacker Buat Ngehack