Kamu Seorang Mahasiswa? Coba Tips Berikut Yuk Untuk Menghemat Uang Jajan!

Kamu SeoraMahasiswa? Coba Tips Berikut Yuk Untuk Menghemat Uang Jajan!
Asta Protek Jiarsi - Sering menemukan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan di perguruan tinggi? Tenang aja, kamu gak sendirian kok. Banyak siswa juga merasakan hal yang sama. Mereka harus membayar biaya kuliah dan biaya hidup yang meningkat. Kabar baiknya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat uang dan keep to savingnya. Berikut ini ulasannya untukmu.

Pilih kediaman yang tepat
Jika kampusmu terdapat asrama, sebaiknya gunakanlah fasilitas itu. Sebab dengan begini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu mahal, dibandingkan ketika kamu memilih tinggal di kontrakan atau kos-kosan. Apalagi jika kamu memiliki teman dekat, kamu bisa mengajaknya sebagai teman sekamarmu. Saling berbagi makanan dan yap!!!! Bisa menghemat anggaranmu.

Gunakan kendaraan umum
Bagi kamu yang punya dan gak punya kendaraan, gak ada salahnya kok menikmati fasilitas kendaraan umum. Selain menghemat biaya perjalanan, hal ini juga dapat mengurangi kemacetan di jalan. Kamu gak perlu boros isi bensin, bisa duduk dengan santai bahkan kamu juga bisa tidur nyenyak loh. Tapi awas yah jangan sampai kelewatan.

Rancang masa depan dengan menabung
Coba mulai kunjungi bank lokal terdekat dengan kediamanmu. Tanyakan tentang rekening tabungan yang dirancang khusus untuk para mahasiswa. Biasanya rekening dengan program ini tidak memiliki saldo minimum dan  biayanya lebih terjangkau. Jika sudah membuat rekening, pantau terus saldo keuanganmu melalui perbankan online.

Berpuasa untuk makan di mall
Jika kamu adalah seorang mahasiswa, sebaiknya kurangi kegiatan makan diluar yang dapat menghabiskan uang sakumu! Sekali makan aja bisa habis ratusan ribu, apalagi jika kamu melakukannya seminggu penuh. Beli bahan makanan kemudian masaklah dirumah! Selain bisa menghemat uang jajan, memasak di rumah juga dapat meningkatkan keahlian kamu di dapur.

Fokus pada kelasmu
Kenyataannya banyak juga siswa yang tidak dapat menyelesaikan gelar mereka selama 4 tahu, tentunya hal ini bisa menambah pengeluaranmu loh. Manfaatkan saja sumber daya yang ada di universitas kamu sebagai media pembelajaran untukmu.

Pantau belanja dengan bijak
Setiap kamu belanja dipasar usahakan untuk menawar agar mendapat harga yang lebih murah. Cukup belanja kebutuhan kamu saja. Jangan memboros agar tidak menyesal dikemudian hari yah!

Pantau penggunaan kuota!
Mengapa hal ini perlu? Sebab penggunaan kuota yang berlebih bisa menguras kantongmu yang sangat dalam. Jangan lakukan hal hal yang sia-sia, misalnya saja terlalu sering menonton film secara online. Duh, lebih baik kamu manfaatkan untuk baca artikel online atau mencari materi perkuliahan kamu. Jika sekolahmu memiliki Wifi, kamu bisa manfaatkan fasilitas yang satu ini sebagai bentuk hemat kuota ;)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

4 Kategori Hardware Pada Komputer

Pengertian dan Jenis - jenis Mesin Autoclave

5 Sistem Operasi Andalan Hacker Buat Ngehack